Tuesday, 21 March 2017

tips jitu mengatasi masalah tidak bisa masuk atau gagal booting windows

Tags

tips jitu mengatsi masalah tidak bisa masuk atau gagal booting di windows - kali ini ADIBIHAK akan berbagi tips cara mengatasi masalah tidak bisa masuk atau gagal booting di windows. ini memang sering terjadi pada laptop atau pc. jika menghadapi masalah ini, jangan buru - buru membawanya pada tukang servis pc. sebaiknya coba lakukan pengecekan terlebih dahulu karena ada langkah - langkah yang dapat anda lakukan untuk mengetahui kenapa komputer gagal booting di windows. mari kita simak cara mengatasi masalah tidak bisa masuk atau gagal booting di windows

mengatasi gagal booting di windows


1 masalah pada RAM
RAM berfungsi untuk tempat  penyimpanan sementara pada laptop atau pc. jika terjadi masalah RAM pasti kerja pc atau laptop tidak bisa berjalan maksimal. jika terjadi masalah pada RAM akan ada bunyi beep yang memberi tahu apabila ada masalah ( tergantung merek BIOS ), cara menanganinya :

  • coba copot RAM dan bersihkan menggnakan penghapus, kemudian pasang kemballi pada motherboard
  • letakkan RAM pada slot lainya
  • coba cek semua RAM yang terdapat pada motherboard
2 prosesor terlalu panas ( overheat )
masalah seperti ini sering terjadi pada pc, prosesor terlalu panas dapat menyebabkan laptop restart sendiri atau mengalami hang. prosesor berfungsi sebagai otak pc, jika terlalu panas dapat membat booting gagal dilakukan. cara mengatasinya

  • cek pada prosesor, thermal paste masih ada atau tidak. jangan sampai thermal paste kering, jika habis atau kering , tambahkan thermal paste di atas prosesor.
  • cek suhu prosesor pada BIOS  
3 harddisk tidak terdeteksi
harddisk berfungsi untuk menyimpan OS pada pc, jika tidak terdeteksi harddisknya pasti tidak bisa masuk pada OS karena OS tersebt terdapat pada harddisk. jika tidak terdeteksi, akan ada pemberitahuan pada monitor. cara mengatasinya :
  • ganti kabel SATA atau IDE yang menghubungkan harddisk dengan motherboard dengan yang lain. mungkin karena kabel tersebut sudah usang atau putus
  • ganti harddisk lain, mungkin harddisk tersebut sudah rusak
  • masuk BIOS dan cek apakah harddisk tersebut terdeteksi atau tidak. jika tidak terdeteksi ganti dengan yang lainnya
4 file registry corrupt atau terhapus
file registry didalam SO sangat penting. file registry menyimpan pengaturan yang sudah kita sesuaikan dengan keinginan kita. jika terhapus, ini akan membuat OS tidak dapat berjalan.cara menanganinya :
  • masukkan file OS yang sama pada PC dengan Flashdisk atapun DVD , masuk BIOS ganti boot pertama dengan flashdisk atau dvd tersebut, kemudian restart pc, kemudian repair.
demikian ulasan mengenai tips jitu mengatasi masalah tidak bisa masuk atau gagal booting windows, saya memberi uraian supaya sobat mendapatkan solusi mengenai masalah tersebut. coba lakukan tips - tips diatas. tidak ada ilmu yang didapatkan dari belajar dan mencoba.

semoga bermanfaat, terima kasih.
  


EmoticonEmoticon