Pengertian topologi jaringan

PENGERTIAN

topologi adalah hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur - unsur dasar penyusun jaringan yaitu node, link dan station. menurut saya, topologi adalah konsep atau gambaran dalam membangun blog.

LATAR BELAKANG


Sebelum membuat atau membangun jaringan, sebaiknya memiliki gambaran awal atau konsep jaringan yang akan dibuat. mungkin terdengar tidak penting, tetapi pembuatan topologi jaringan akan mempermudah dalam melakukan langkah - langkah yang harus dilakukan setelah melakukan step sebelumnya. Selain itu, topologi juga dapat membantu seberapa efisienkah model jaringan tersebut.

MAKSUD DAN TUJUAN

  • memberikan kemudahan dalam merancang  dan mendesain jaringan


HASIL YANG DIHARAPKAN

  • dapat membayangkan dan memiliki gambaran awal jaringan yang akan dibuat

PROSES PELAKSANAAN

sebelum membangun atau merancang jaringan, alangkah baiknya untuk membuat desain topologinya terlebih dahulu. ini akan membantu mempermudah dalam membangun jaringan.


jenis - jenis topologi jaringan

1. topologi bus
topologi bus adalah sebuah topologi jaringan yang menggunakan satu kabel coaxial sebagai media transmisi dan kabel tersebut menjadi pusat komunikasi antara server dengan workstation. agar komputer workstation dapat terhubung, membutuhkan konektor BNC.

topologi bus


2. topologi ring
topologi ring adalah topologi jaringan yang rangkaiannya menghubungkan komputer kanan dan kirinya dari awal sampai akhir yang membentuk lingkaran. topologi ini bisa juga disebut dengan topologi cincin.

topologi ring


3. toplogi star
topologi star adalah  topologi yang menghubungkan setiap workstation dan server menggunakan kabel berbeda dengan dihubungkan ke hub/switch. hub tersebut menjadi pusat dari topologi ini (konsentrator).

topologi star


4. topologi mesh
topologi mesh adalah topologi jaringan dimana semua workstation dapat saling terhubung dan tidak teratur. karena setiap workstation dapat terhubung, akibatnya transfer file dapat dilakukan dengan cepat.

topologi mesh


5. topologi tree
topologi tree adalah topologi yang bertingkat dan hierarki yang mana antar koneksi menggunakan hub/switch. topologi ini mengelompokkan setiap workstation menjadi kelompok atau kumpulan workstation kecil, baru terhubung ke server.

topologi tree

REFERENSI

  • https://hidupsimpel.com/macam-macam-topologi-jaringan/
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Topologi_jaringan



Post a Comment

0 Comments