perangkat jaringan komputer beserta fungsinya

PENGERTIAN

perangkat jaringan adalah sebuah alat atau perangkat yang berguna agar dapat melakukan berbagi file antar komputer


LATAR BELAKANG

hubungan  antar dua atau lebih komputer memerlukan perantara agar daoat berkomunikasi. perangkat jaringan sangat penting. tanpa ada, perangkat jaringan komunikasi antar komputer tidak bisa terjadi.

MAKSUD DAN TUJUAN

memperkenalkan, memberi informasi dan dapat  perangkat jaringan yang bekerja

HAL YANG DIHARAPKAN

dapat mengimplementasikan dan mengetahui fungsi perangkat jaringan

PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER

  • Router adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan dua jaringan atau lebih sehingga pengiriman data dari satu perangkat ke perangkat lain bisa diterima, hal ini disebut routing. router bekerja pada layer 3 OSI.
  • LAN card sama halnya dengan perangkat lainnya, berfungsi menghubungkan 2 atau lebih komputer menggunakan media kabel. biasanya digunakan pada jaringan LAN. bekerja pada layer pertama OSI.
  • MODEM ( Modulator dan Demodulator ) yaitu perangkat jaringan yang berfungsi mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital atau sebaliknya. 
  • switch adalah sebuah hardware yang fungsinya membagi-bagi jaringan lokal ke banyak perangkat komputer. fungsi utamanya yaitu menerima sinyal dan mengirimkan data dari jaringan server ke perangkat lain. bekerja pada layer kedua OSI yaitu data link layer karena berkomunikasi menggunakan MAC address
  • repeater adalah perangkat jaringan yang memiliki fungsi memperluas jangkauan sinyal wifi dari server agar perangkat lain dapat terhubung.
  • Access Point adalah perangkat yang berfungsi menghubungkan dua jenis jaringan yang berbeda, yaitu antara jaringan wireless dan jaringan LAN.

REFERENSI

  • http://www.nesabamedia.com/perangkat-jaringan-komputer/

Post a Comment

0 Comments